728x90 AdSpace

Latest News
Sabtu, 18 April 2015

Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan


SahabatIslami.com - Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: "Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati." (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah). Di dalam riwayat lain menjelaskan bahawa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barangsiap menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaitan tidak akan mendekatinya."

Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Sejak dulu Minyak Zaitun telah terbukti sangat berguna bagi kecantikan. Sampai sekarang minyak zaitun dipergunakan sebagai bahan untuk pembuatan Kosmetik.

Khasiat yang terkandung buah zaitun merupakan Vitamin E, Vitamin K, Vitamin A dan antioksidan seperti flavanoid, phytosterol juga senyawa phenolic

Berikut manfaat buah zaitun yang telah terbukti secara ilmiah;

Menurut European Food Safe Authority (EFZA), Zaitun Hydroxytyrosol adalah satu satunya fenol yang mampu melintasi penghalang darah masuk ke otak, lebih lanjut EFSA menyatakan 5mg hydroxytyrosol dalam zaitun harus di konsumsi setiap hari sebagai pencegahan resiko terjadinya oksidasi.

1. Mencegah Kanker

Minyak zaitun memiliki kandungan fenol yang akan bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit, selain itu juga dapat menghambat dan mereduksi kerusakan sel yang dapat memicu terjadinya kanker. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian di Laut Putih Tengah rasio kematian akibat kanker menurun karena penduduknya mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun.

2. Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka bisa dengan menggunkan minyak zaitun karena mengandung antioksidan yang cukup banyak. Dan dari hasil beberapa penelitian, memang bahwa minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Kandungan Prostaglandin dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengobati nyeri sendiri juga mengatasi pengeroposan pada tulang. Kita bisa mengkonsumsi minya zaitun yang dicampurkan pada makanan sehingga akan membuat antinyeri dengan cara melumasi sendi juga mencegah pembengkakan. Selain itu, bisa juga dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang nyeri otot atau nyeri sendi.

4. Mencegah Diabetes

Minyak zaitun memiliki kandungan yang bersifat lemak tak jenuh tunggal, dengan hal tersebut maka Khasiat Zaitun juga sangat baik untuk menurunkan kadar gula yang ada dalam darah, sehingga resiko untuk terserag penyakit diabetes tipe 2 pun akan semakin berkurang.

5. Mencegah Kepikunan

Selain untuk mencegah diabetes, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada pada minyak zaitun juga bisa berfungsi agar struktur sel dan membran pada otak tetap terjaga. Hal tersebut tentu akan membuat resiko mengalami kepikunan semakin menurun.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Berdasarkan pada hasil sebuah penelitian, dengan meminum 2 sendok minyak zaitun di setiap harinya maka akan terjauh dari resiko terserang penyakit jantung. Hal tersebut terjadi karena minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan nabari, sehingga resiko terserang penyakit jantung akan semakin menurun.

[hn/sahabatislami.com]
  • Facebook Comments